Penyejuk dan Penyaring Udara Sederhana

Membicarakan tentang udara yang tidak baik kulitasnya dan tidak sehat, mungkin anda akan membayangkan tentang asap, baik itu asap rokok, kendaraan,  pabrik, pembakaran sampah  atau asap akibat pembakaran hutan.  Udara yang kotor  dan tidak sehat tentu dapat mengakibatkan anda bersin, menutup hidung, batuk, menggganggu pernafasan, dan bahkan menyebabkan beberapa penyakit yang menyertainya.  Debu, PM 10, alergen, virus, dan bakteri yang berbahaya seringkali beterbangan dan tidak terdeteksi.  Akibatnya dapat menderita penyakit  mulai dari iritasi ringan, batuk hingga sakit parah bahkan menyebabkan kematian.

Menggunakan masker adalah salah satu usaha sederhana untuk mengatasi atau mengurangi bahaya udara yang sudah terkontaminasi.  Namun hal ini tentu tidak sepenuhnya cocok dan memberikan solusi jika digunakan dalam rumah dan pencemaran udara yang terjadi dalam waktu yang relatif lama.  Solusi sederhana untuk mendapatkan udara yang bersih ketika anda berada dalam rumah adalah dengan menyaring udara yang kotor dengan menggunakan alat penyaring udara tertentu.  Dipasaran alat untuk penyaring udara dan alat penyejuk udara dengan teknologi filter yang beragam dan baik sudah banyak beredar, tetapi masih dengan harga yang relatif mahal.  Untuk mendapatkan dan membuat penyejuk sekaligus penyaring udara kotor dapat dibuat dengan peralatan sederhana yang mudah didapatkan didalam rumah anda. Berikut cara pembuatan penyaring dan penyejuk udara sederhana yg dapat anda buat dengan mudah.





Alat & Bahan sangat sederhana :
Kipas Angin, Kain yg mudah menyerap dan baskom dan es batu. 
Caranya sederhana, buatlah urutan dan susunan seperti yang terlihat dalam gambar, Kipas angin arahkan angin yg keluar ke permukaan kain yg menutupi es batu, asap yg berterbangan yg masuk kerumah tentu akan membuat pernafasan kita terganggu. Ketika debu dan asap yg terkena angin dr kipas angin maka partikel-partikel yg sangat kecil tersebut akan mengikuti arah angin. Nah kemudian arahkanlah ke baskom yg sudah diisi es dan ditutupi kain(usahakan kainnya jangan rata permukaannya) agar pantulan angin dari kain juga berbaur secara acak kesegala arah ruangan dalam rumah kita. 

Udara yang dihembuskan dari pantulan kain basah tadi punya kemampuan mengangkat dan memindahkan partikel-partikel air yang melekat pada kain basah yang berubah dalam bentuk uap air, Insya Allah udara disekitar akan lebih sejuk dan debu serta pertikel2 gas asap akan menempel pada permukaan kain yg basah tersebut. Usahakan power atau kekuatan anginnya yg terbesar (maksimal) agar lebih mudah partikel-partikel uap air ikut berpindah dan terkonveksi. Sehingga udara disekitar ruangan lebih dingin dan sejuk serta udara yang kotorpun berkurang. 

Untuk daerah yang sudah tidak baik kualitas udaranya dan berbahaya, agar debu dan asap tersebut tidak terlalu menganggu dan mudah kembali setelah keluar rumah tersaring berpindah ke kain basah. Maka perlu ventilasi dari jendela dan pintu juga perlu ditutupi dengan kain yang dibasahi dan setiap kali kering diperas serta diganti. Jangan lupa memberikan power & tekanan angin pada ruangan yang dapat menyejukkan ruangan yang mengarahkannya keluar kembali.
Untuk anda yang tidak memiliki alat penyaring, pembersih udara & AC dirumah, alat sederhana ini mungkin dapat membantu.  

Saudara-saudara yang tinggal didaerah rawan terhadap kebakaran hutan yang berkepanjangan akibat alam dan perusak hutan, tentunya alat sederhana ini memberikan jawaban yang membantu meringankan sehubungan dengan memburuknya kualitas udara akibat tebal dan pekatnya debu, PM10 & asap seperti yang sering terjadi didaerah RIAU, SUMSEL, JAMBI, KALIMANTAN, SUMBAR dan daerah lainnya yang terpapar pencemaran udara.

Dengan sedikit usaha dan tip pembuatan alat penyaring dan penyejuk udara ini, Anda dapat benar-benar mengubah udara yang kita hirup menjadi lebih baik.
Selamat Mencoba, Moga yang sederhana ini bermanfaat. [ii1]


Penulis Firman E.

0 Response to "Penyejuk dan Penyaring Udara Sederhana"

Posting Komentar