Ahok Perintahkan Bubarkan Umat Islam yang Berjualan dan Memotong Hewan Kurban Di Area Masjid, Sekolah Kecuali di RPH

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 168 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Penampungan, dan Pemotongan Hewan.‎

Hal ini terkait menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 2015/1436 Hijriah. Di dalamnya berisi larangan penjualan serta pemotongan hewan kurban di pinggir jalan, tak terkecuali pemotongan di sekolah-sekolah.

“(Pelarangan pemotongan hewan kurban di sekolah) disebutkan (di Ingub). Seharusnya memang tidak boleh, karena darahnya mencurah ke tanah dan kebanyakan anak-anak bisa tertular penyakit,” kata Ahok di Dinas Pelayanan Pajak, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).

Ahok mengaku, pemotongan hewan kurban seharusnya dipusatkan di rumah pemotongan hewan (RPH). Jika mengikuti peraturan di Arab Saudi, pemotongan hewan kurban tidak dilakukan di pinggir jalan.

“Arab Saudi saja larang darah hewan tercurah ke tanah, masa kita enggak ikuti? Kalau kita enggak mau ikuti Arab Saudi, ya lo kalau salat enggak usah menghadap kiblat,” kata Ahok dengan nada tinggi.

Di dalam Ingub tersebut RPH bisa dilakukan di RPH Ruminantia Cakung, dan Pulogadung, Jakarta Timur. Tak hanya itu, harusnya ada pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan setelah disembelih di luar RPH.

Pada Ingub itu, Ahok juga menginstruksikan Kepala Satpol PP DKI untuk melaksanakan penertiban lokasi penampungan dan penjualan hewan kurban yang tidak resmi.


Sumber:


2 Responses to "Ahok Perintahkan Bubarkan Umat Islam yang Berjualan dan Memotong Hewan Kurban Di Area Masjid, Sekolah Kecuali di RPH"