Doyan Petai?? Bagus, Ternyata Khasiatnya Mampu Atasi Banyak Penyakit

Siapa yang tidak mengenal petai atau orang sering menyebutnya pete. Pete adalah buah dari salah satu jenis tumbuhan kacang-kacangan. Makanan yang memiliki bau menyengat yang khas ini memiliki bahasa latin parkia speciosa. Banyak orang yang menyukai petai, tapi banyak juga yang tidak menyukai petai karena baunya yang menyengat. 

Petai biasa dimakan sebagai lalapan atau juga dijadikan bahan tambahan dalam masakan. Orang Amerika menyebut petai dengan the most horrible food in the world atau makanan yang sangat mengerikan di dunia. Orang Amerika berkata seperti itu karena bau petai yang sangat menyengat dan menusuk hidung.

Pohon petai biasanya tingginya kurang lebih 20 meter. Bila pohon petai hendak berbuah maka ada sejenis bongkol bunga petai yang terdapatpada ujung rantingnya. Satu bongkol biasanya terdapat belasan buah petai dan satu buah petai biasanya berisi 20 biji yang berwarna hijau dan dibalut selaput tipis berwarna coklat muda.

Tahukah anda bahwa petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Berikut ini adalah penjelasan tentang segudan manfaat dan khasiat petai bagi kesehatan.


Manfaat Petai

Membantu Memperbaiki Mood saat PMS
Pms (pre menstrual syndrome) dialami setiap wanita saat hendak menstruasi. Saat-saat ini menyebabkan mood wanita menjadi buruk dan tidak menentu (bad mood). Dengan mengkonsumsi petai yang mengandung tryptophan yang berguna untuk memperbaiki mood dan membuat rileks. Sehingga seseorang menjadi lebih bahagia.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Petai adalah makanan yang rendah garam sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah efek tekanan darah tinggi seperti stroke.

Mencegah Anemia
Petai mampu merangsang sel darah merah untuk berproduksi sehingga mengkonsumsi oetai dapat mencegah penyakit anemia.

Menjaga Saluran Pencernaan
Petai mengandung seat yang tinggi yang berguna untuk memperlancar saluran pencernaan. Tekstur biji petai yang halus dan lembut dapat menjaga saluran pencernaan. Petai juga dapat menetralkan asam lambung serta dapat melapisi permukaan dinding lambung.

Mengurangi Rasa Kenyang
Bila anda merasa kekenyangan hingga dada merasa panas, cobalah mengkonsumsi petai untuk mengurangi rasa sakitnya.

Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk
Bila kulit anda gatal karena gigitan nyamuk, cobalah gosok bagian kulit yang gatal dengan bagaian dalam petai. Ini dapat mengurangi rasa gatalnya.

Mengatur Suhu Tubuh
Petai  dapat menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menantikan kelahiran anaknya.

Menghindari Stress
Petai adalah makanan yang tinggi kalium. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium, maka stress dapat dihindari atau dikurangi.

Menghindari Merokok
Bagi anda yang ingin berhenti merokok. Petai bisa menolong anda. Kandungan kalium, magnesium, vitamin b6 dan b12 nya dapat membuat tubuh lekas pulih dari efek penghentian nikotin.

Obat Awet Muda
Pete dapat meregenerasi kulit karena kandungan protein di dalamnya. Bahkan petai dari Indonesia banyak yang diekspor ke jepang untuk dijadikan bahan pembuatan kosmetik.

Mengobati Mabuk
Mabuk dapat diatasi dengan petai. Caranya adalah dengan minum milkshake petai dengan madu. Petai dapat membantu menenangkan perut dan madu dapat menambah kandungan gula darah dan susu bisa memperbaiki kandungan cairan dalam tubuh.

Ternyata buah petai yang baunya sangat menyengat ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan anda. Anda tertarik mengkonsumsi petai untuk mendapatkan manfaatnya? Jangan ragu lagi mengkonsumsi petai karena alasan baunya yang menyengat. Apa salahnya mengkonsumsi makanan tertentu dengan alasan untuk kesehatan. 
Selamat mencoba !!




sumber : www.manfaatbuahan.com - infoilmiah1

0 Response to "Doyan Petai?? Bagus, Ternyata Khasiatnya Mampu Atasi Banyak Penyakit"

Posting Komentar