Over PD, Anies-Sandi Yakin Menang Satu Putaran di Pilgub DKI


Genderang perang Pilgub DKI baru saja dimulai. Para pasangan calon sudah semakin tebar pesona sambil umbar janji sana-sini biar dipilih. Ada juga di antara mereka pede menang dalam satu putaran.

Anies Baswedan, salah seorang calon gubernur DKI diusung Partai Gerindra dan PKS ini, mulai menyambangi pelbagai sudut di DKI. Dia punya keyakinan besar bahwa akan menang dalam satu putaran. Apalagi dia merasa dapat dukungan dari para relawan.

Itu disampaikan Anies saat berada di Roemah Djoeang Anies-Sandi, Jl Brawijaya IX, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10). Dalam pidatonya, calon Gubernur nomor urut tiga ini menanyakan berapa putaran yang diinginkan oleh para relawannya dalam Pilkada DKI tahun 2017.

"Kita mau satu putaran apa dua putaran?" tanya Anies kepada relawan di Roemah Djoeang Anies-Sandi, Jalan Brawijaya IX, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10) kemarin. "Satu putaran!" jawab para relawan Anies kompak.

Mendengar jawaban dari relawannya, pasangan duet Sandiaga Uno ini lantas meyakini dirinya akan mampu menang satu putaran di Pilgub DKI tahun 2017. "Kita pastikan menang satu putaran," tegasnya.

Selain pede menang satu putaran, Anie juga mengkritik soal perkembangan DKI Jakarta selama dipimpin Basuki T Purnama ( Ahok). Menurut dia, selama dipegang calon petahana itu, ibu kota justru penyerapannya rendah. Bekas tim sukses Jokowi-JK saat Pilpres 2014 itu menyebut, DKI Jakarta hanya menyerap anggaran 68 persen pada tahun 2015.

Kondisi ini menurut Anies tidak baik. Dia merasa ada kesalahan dilakukan Ahok selama ini terutama terkait koordinasi dengan DPRD DKI Jakarta.

"Di Jakarta hari ini rencananya 100 persen (serapan anggaran) yang terlaksana 68 persen, sepertiga tak terlaksana, di mana keberhasilan seorang Gubernur? Tunjukkan kita ingin yang ganti dengan yang efektif," kata Anies.

Meski kerap mengkritik, Anies justru dianggap masih kurang pengalaman buat menjadi gubernur. Peneliti dari LIPI, Adriana Elisabeth menyebut Anies Baswedan kurang memahami dalam memimpin masyarakat. Selama ini dia merasa bahwa Anies hanya memberikan pengarahan layaknya dosen kepada mahasiswa.

"Ini bukan ngajarin mahasiswa. Coba saja Anda bayangkan, apakah Anies bisa melakukan hal itu atau tidak," kata Adriana, Kamis (27/10) lalu. "Artinya, gubernur itu tantangannya jauh lebih besar. Anies harus sadar akan ini," tambahnya.

Pengalaman Anies sebagai menteri, lanjut dia, juga belum menjadi acuan bahwa pasangan Sandiaga Uno itu punya pengalaman cukup. "Kalau Presiden Jokowi itu jelas ya, kalau (Anies) enggak bisa ya berhenti. Jadi menteri baru dua tahun, itu sesuatu yang belum maksimal," terangnya. Sumber: Merdeka.com

0 Response to "Over PD, Anies-Sandi Yakin Menang Satu Putaran di Pilgub DKI"

Posting Komentar