SBY Minta Polisi Serius Periksa Ahok


Infoilmiah1 - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepolisian untuk memeriksa calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). SBY menilai, Ahok tidak boleh kebal hukum atau dilindungi.

"Kalau tidak ingin negara kita ini terbakar oleh amarah para penuntut keadilan, Pak Ahok harus diproses secara hukum. Jangan sampai dia dianggap kebal hukum. Ingat kesamaan di mata hukum," kata SBY dalam konferensi pers (konpers) menyikapi aksi demonstrasi 4 November di kediamannya, Cikeas, Jawa Barat, Rabu (2/11).

Dalam kesempatan itu, SBY didampingi para pengurus PD. SBY juga mengaku berbicara sebagai ketum PD.

SBY yang juga mantan presiden keenam menjelaskan Ahok dituduh melakukan penistaan agama. Atas tuduhan itu, sudah ada yurisprudensi dalam hukum Indonesia. Tinggal mengikuti apa yang pernah terjadi sebelumnya.
"Begini, Pak Ahok, Gubernur Jakarta dianggap menistakan agama. Penistaan agama secara hukum tidak boleh dan dilarang. Kita kembali ke KUHP. Di Indonesia sudah ada yurisprudensi. Setelah diproses hukum semua pihak menghormati. Jangan gaduh, cegah tekanan dari mana pun," kata dia.
SBY mengatakan, ada tekanan yang ingin Ahok bebas, namun kelompok lain ingin Ahok dinyatakan bersalah. "Itu tidak boleh kita serahkan ke penegak hukum, apakah tidak bersalah atau dinyatakan bersalah jangan ditekan. Biarkan penegak hukum bekerja. Begitu aturan main dan etikanya," ujar SBY.

Menurutnya, saat ini bola ada di penegak hukum. Rakyat tinggal mengawasi agar penegakan hukum berjalan adil. "Harapan Partai Demokrat, penegakan hukum harus fair, transparan dan adil. Jangan direkayasa. Jika penegakan hukum benar, fair, transparan dan adil tidak direkayasa, rakyat harus menerima apa pun hasilnya," kata SBY. Sumber: [Robertus Wardi/WBP-Suara Pembaruan]

0 Response to "SBY Minta Polisi Serius Periksa Ahok"

Posting Komentar