Kisah Sedih di Balik Foto Anak Afrika & Wanita Bertato


Seorang anak ditemukan telanjang dan kelaparan di jalanan setelah dituduh penyihir oleh penduduk lokal, sebelum diselamatkan pekerja bantuan kemanusiaan.

Gambar yang di-upload ke Facebook menunjukkan anak yang kurus kering dan bernama Hope itu diberi minum air oleh seorang pekerja kemanusiaan tersebut. Gambar tersebut telah tersebar luas di dunia maya. Seorang pemilik yayasan kemanusiaan asal Denmark menceritakan kisah di balik foto tersebut.

Pendiri Yayasan Bantuan Pendidikan dan Pengembangan Anak-Anak Afrika, Anja Ringgeren Loven, yang mengunggah gambar itu mengatakan, "Banyak yang saya lihat selama tiga tahun di Nigeria. Banyak pengalaman yang tidak diinformasikan kepada Anda karena terlalu menyayat hati,” ujar Loven.

Tidak jelas apa yang terjadi dengan keluarga sang anak, tapi yayasan milik Loven menggunakan pendidikan untuk memecahkan takhayul di Nigeria, yang merupakan alasan mengapa banyak anak-anak dan orang muda dituduh sebagai penyihir disiksa, diusir, mati cedera, atau dibunuh oleh penduduk setempat.

"Ribuan anak dituduh penyihir, dan kami melihat banyak bocah disiksa, mati, atau ketakutan," kata Loven. "Saya berbagi gambar ini untuk menunjukkan perjuangan saya, kenapa saya sanggup menjual semua harta dan pindah ke tempat yang jauh terpencil."

Seperti dilansir News.com.au pada Senin, 15 Februari 2016, Loven mengatakan bahwa Hope kini telah berangsur pulih dan keadaannya sudah mulai membaik.

"Si kecil ini sangat tabah. Melihatnya bermain dengan anak saya sendiri menjadi pengalaman paling mengagumkan bagi saya," kata Loven.

Ketika seorang anak dituduh sebagai penyihir oleh setiap anggota masyarakat desa, dengan beberapa kasus tuduhan di antaranya datang dari orang tua anak sendiri, mereka akan disiksa atau dibunuh. Orang tua anak yang dituduh penyihir akan mendapat risiko dibunuh jika mereka membiarkan anak mereka tetap tinggal di rumah setelah mendapat tuduhan.

Yayasan yang didirikan Loven bekerja keras untuk membantu mendidik masyarakat setempat. Banyak yang miskin dan tidak berpendidikan, yang membuat praktek tuduhan ilmu hitam berkembang pesat.

Foto yang menunjukkan Loven memberi minum dan makanan kepada Hope akhir-akhir ini telah menjadi viral di dunia maya dan dijadikan meme oleh beberapa akun media sosial.

Kisah Loven tersebut disambut hangat oleh para netizen dan mendapat begitu banyak pujian. [ii1]

0 Response to "Kisah Sedih di Balik Foto Anak Afrika & Wanita Bertato"

Posting Komentar