Sah, Anies Menerima Izin Reuni Akbar 212 di Monas



Panitia acara reuni akbar 212 berhasil meyakinkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk melakukan kegiatannya mengumpulkan massa di Monumen Nasional (Monas) usai izinnya dikabulkan.

Izin kegiatan reuni akbar 212 ditandatangani oleh Anies secara langsung.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monumen Nasional ( Monas), Munjirin, mengatakan pihaknya telah menerima surat permohonan izin penggunaan Monas untuk menggelar acara renuni akbar 212 pada Sabtu mendatang.

"Panitia (acara reuni akbar) sudah bersurat ke kita sekitar seminggu yang lalu," ujar Munjirin, Rabu (29/11/2017) seperti yang dilansir Kompas.com.

Pada hari yang sama, kata Munjirin, surat permohonan izin tersebut telah diserahkan kepada Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

"Dari Dinas Pariwisata sudah meneruskan kepada Pak Gubernur (Anies Baswedan) dan Pak Gubernur sudah mengeluarkan disposisi, sudah disetujui hari ini," kata dia.

Ia melanjutkan, pihaknya akan kembali mengundang panitia reuni akbar 212 untuk melakukan koordinasi terkait teknis pelaksanaan acaranya.

Sejumlah elemen masyarakat berencana menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Reuni Akbar Alumni 212 di kawasan Monas.  Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati satu tahun aksi 212.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meminta aksi tersebut sebaiknya digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

"Kalau bisa, (kami) mengajak rekan-rekan ini sudah lakukan saja di dalam Istiqlal supaya aman terkendali. Teman-teman Polri dan TNI juga siap mengamankan dengan baik," ujar Idham di Mapolda Metro Jaya, Selasa (21/11/2017).

Saat dikonfirmasi awak media, Anies beberapa kali tak memberikan komentarnya terkait rencana digelarnya acara ini.

Sementara itu Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif mengapresiasi langkah Anies yang memperbolehkan Monas digunakan untuk kegiatan keagamaan.

"Bagus, area itu kan' simbol dari DKI Jakarta, siapapun bisa pakai. Artinya Pak Anies ingin membangun area itu milik siappaun," ujar Slamet saat dikonfirmasi, Selasa (21/11/2017).

Sementara itu, dalam reuni akbar 212, kata Slamet, akan ada jutaan orang yang memadati area Monas.

"Kalau perkiraan di atas satu juta," ujar Slamet.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan mengaku belum mendapatkan undangan terkait reuni yang akan dilakukan alumni 212 di Monas, Jakarta Pusat, 2 Desember.

"Saya sudah lihat dan dengar justru dari media. Belum dapat sampai sekarang undangannya, belum ada di meja saya. Tetapi, katanya saya diundang," ujar Sandi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Terkait acara di Monas tersebut, Sandi menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Anies Baswedan. Menurut dia, nantinya Anies yang akan memantau segala kegiatan di Monas.

Bagi Sandi, acara apa pun bisa digelar di Monas dengan catatan mampu menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama MUI dan GNPF MUI menyepakati beberapa hal untuk aksi 2 Desember 2016.

Poin-poin kesepakatan itu dibeberkan dalam konferensi pers di kantor MUI, Jakarta, Senin (28/11/2016).

"Intinya buat saya, pokoknya selama meningkatkan kesatuan dan persatuan daripada masyarakat dengan guyub rukun, kami ingin membangun Jakarta bersama-sama." 

"Kita tidak ingin mengobarkan perpecahan atau saling menjatuhkan antarwarga. Pokoknya kami ingin membangun," ujarnya.

Sandi mengatakan, sudah menjadi tugasnya bersama Anies dalam lima tahun ke depan untuk mengurangi kesenjangan yang ada di DKI Jakarta.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membantu dan mendukungnya dalam mewujudkan hal tersebut.

"Kalau saya bisa mengutip, ada salah satu teman saya bilang, 'Bersatu saja kita belum tentu menang melawan persaingan. Sebab, saingan kita seluruh ASEAN, saingan kita seluruh dunia. Apalagi kalau kita terpecah belah.' Jadi, saya ingin mengimbau semua masyarakat untuk bersatu padu," ujar Sandi. [ii1-tribunemedan]

0 Response to "Sah, Anies Menerima Izin Reuni Akbar 212 di Monas"

Posting Komentar